Thursday, June 2, 2016

Pencegahan Injury
            Asslamualaikum wr.wb
            Perkenalkan nama saya Rinda Bagus Saputra dari Keperawatan Universitas Jenderal Soedirman. Sebelum masuk perguruan tinggi saya sekolah di SMK Negeri 2 Purwokerto. Setelah lulusan dari SMK saya dan teman saya mendaki gunung merbabu yang terletak di kabupaten Magelang. Saya dan teman-teman naik bus ke lokasi gunung merbabu.
            Agar pada saat pendakian tercegah atau aman terhadap injury maka saya membawa perlengkapan yang lengkap. Disini saya akan menyebutkan peralatan yang menurut saya dapat mencegah injury pada saat mendaki gunung, antara lain:\
1.              1. Jaket gunung, jaket gunung merupakan alat yang sangat bagus untuk mencegah kedinginan pada saat mendaki gunung.
2.     2. Matras, merupakan alas tidur yang mencegah terjadinya penyakit paru-paru basah, karena menggukan matras pada waktu tidur mencegah terjadinya penempelan langsung antara kulit dengan tanah yang dingin.
3.           3. Sleeping bag, merupakan alat pengganti selimut pada saat tidur di gunung. Alat ini berfungsi untuk menghangatkan badan dan dapat menolong orang yang terkena hipotermia, karenan pada sleeping bag dibuat khusus dengan bahan yang berfungsi untuk menghangatkan tubuh.
4.              4. Obat-obatan, obat-obatan disini yang saya maksud adalah obat pribadi. Obat yang dibawa sesuai dengan kebutuhan seorang pendaki. Misalnya pendaki tersebut merupakan penderita asma, maka pendeki tersebut membawa obat khusus untuk penyakit asma agar pada saat sewaktu mendaki penyakitnya kambuh dapat langsung diobati.
5.            5. Korek api dan senter, alat ini digunakan untuk penerangan agar saat mendaki pada waktu malam tidak salah langkah dan mencegah agar tidak masuk kedalam jurang. Korek api berfungsi untuk membuat api unggun agar menghangatkan tubuh dan memasak.
6.          6. Trekking pole/tongkat gunung, alat ini digunakan jika pada saat mendaki kaki kita terkilir maka trekking pole ini sangat berguna untuk membantu berjalan.
7.      Kacamata, alat ini digunakan untuk mencegah mata agar tidak terkena debu, sebab jika mata terkena banyak debu maka mata akan iritasi dan susah untuk melihat.
8.             7. Benang atau tali, alat digunakan untuk menolong pendaki lain yang jatuh atau terpelosot kedalam jurang.
Alat di atas merupakan pencegahan injury pada saat mendaki gunung. Gunakanlah alat diatas pada saat mendaki gunung agar dapat mencegah injury! Keselamatan merupakan hal yang paling penting pada saat mendaki. Itulah sebagian kecil pengalaman saya agar kita dapat mencegah injury pada saat mendaki gunung.

Wassalamualaikum wr.wb

0 comments:

Post a Comment

Electrical Art © 2008 Template by:
SkinCorner