Monday, October 26, 2015

REFLECTIVE ESSAY KE MONUMEN PANGLIMA BESAR JENDERAL SOEDIRMAN

REFLECTIVE ESSAY
BLOK CHARACTER BUILDING (CB)
KUNJUNGAN KE MONUMEN PANGLIMA BESAR
JENDERAL SOEDIRMAN
SEMESTER 1










RINDA BAGUS SAPUTRA
I1B015068






KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN
FAKULTAS ILMU-ILMU KESEHATAN
JURUSAN KEPERAWATAN
2015




Pada reflective essay yang Saya buat ini, Saya membuat reflective essay ini dengan menggunakan model model Gibbs yang memiliki 6 langkah agar mempermudahkannya dalam berefleksi.
1.      Description (mendeskripsikan atau gambaran tentang monumen pangsar)
Pada hari Kamis, 22 Oktober 2015, Saya berangkat kuliah pukul 06.20 WIB menuju kampus keperawatan. Di kampus masih banyak teman Saya yang belum pada berangkat. Sebelum Saya melewati gerbang kampus, terlihatlah 3 angkutan kota yang sedang berada diluar kampus. Kemudian Saya memanggil sopir angkutan tersebut untuk masuk ke kampus keperawatan dikarenakan mahasiswa angkatan 2015 termasuk Saya akan pergi ke Monumen Panglima Besar Jenderal Soedirman yang letaknya di Karang Lewas menggunakan angkutan kota untuk menuju ke monumen tersebut. Teman-teman dibariskan menurut kelompok masing-masing dan diabsen perkelompok. Setelah semua selesai absen dan angkutan kota sudah datang semua dengan total 7 angkutan kota, Saya dan teman-teman langsung berangkat ke tujuan. Sesampai disana Saya dan teman-teman dibagi perkelompok. Kelompok mahasiswa angkatan 2015 di jurusan keperawatan memiliki 8 kelompok. Kelompok 2,3,4, dan 7 masuk ke monumen sedangkan kelompok yang lain menunggu di luar monumen dikarenakan kapasitas orang yang masuk di monumen tersebut terbatas. Sembari menunggu kelompok yang lain selesai kelompok yang menunggu di luarpun bermain game dengan permainan ular sarung dan karet yang dibawa ke belakang menggunakan tepung dan sedotan untuk menghilangkan bosan. Saya bersyukur dalam permainan tersebut kelompok Saya yaitu kelompok 8 memenangkan game tersebut berturut-turut.
Setelah selesai bermain game kelompok yang menunggu di luarpun masuk ke monumen, karena kelompok yang tadi masuk ke monumen sudah keluar dari monumen. Saya dan kelompok lain dipandu oleh petugas instruktur yang bertugas di monumen tersebut. Instruktur memandu kelompok yang tersisa menjelaskan tentang perjuangan Panglima Besar Jenderal Soedirman. Instruktur juga menjelaskan tentang gambar-gambar yang ada di monumen tersebut dan memperlihatkan semua gambar yang ada beserta penjelasannya. Setelah kelompok yang tersisa selesai, akhirnya semua kelompok bertemu kembali. Salah satu perwakilan kelompok mengambil snack dengan jumlah anggota kelompoknya untuk dibagikan ke anggotanya, begitupun dengan sopir-sopir dan dosen dibagikan snack oleh petugas konsumsi. Snack pun habis, seluruh sampah yang ada dibuang ke tempatnya untuk menjaga kebersihan monumen. Semua angkatan pun kembali ke angkutan untuk pulang kembali ke kampus keperawatan. Sesampainya di kampus keperawatan, Saya dan seluruh angkatan beristirahat untuk menunggu Lecture yang akan dilaksanakan 1 jam setelah istirahat.

2.      Feeling (perasaan yang dialami setelah mengikuti kegiatan tersebut)
Dari penjelasan demi penjelasan yang dijelaskan oleh Instruktur yang bekerja di monumen tersebut, Saya sangat tersentuh dengan perjuangan Jenderal Soedirman yang sangat berani dan pantang menyerah untuk mengusir penjajah yang menjajah bangsa Indonesia. Saya mengerti benar bahwa perjuangan beliau sangat berat. Saya merinding mendengar Instruktur menjelaskan tentang sejarah perjuangan beliau. Sampai sekarang pun Saya masih teringat sosok beliau yang menghadapi penjajah demi kemerdekaan Indonesia.

3.      Evaluation (mengevaluasi tentang kegiatan yang dialami)
Dari kegiatan kunjungan ke Monumen Pangsar Jenderal Soedirman, Saya sadar bahwa Saya belum bisa menjadi seperti Jenderal Soedirman. Tetapi Saya akan selalu berusaha untuk menjadi sosok seperti Jenderal Soedirman yang memiliki sifat yang bijaksana, pantang menyerah, cerdas, bertanggung jawab, berjiwa sosial dan lain-lain. Dalam kegiatan tersebut, Saya dan teman-teman sangat berantusias untuk menjadi pribadi seperti Jenderal Soedirman.

4.      Analyze (menganalisis kegiatan tersebut)
Dari kegiatan tersebut, ternyata dari gambar-gambar yang ada di Monumen Pangsar Jenderal Soedirman dapat menceritakan berbagai makna yang dialami oleh beliau. Selain itu, dari gambar tersebut, kita dapat lebih rinci mengetahui dan lebih mudah untuk mengetahui perjuangan jenderal kita. Gambar-gambar yang ada di monumen juga sangat indah dilihat dan bagus sekali dalam pembuatannya dan tekstur warnanya yang benar-benar dibuat dengan teliti dan kreatif oleh penggambarnya sampai kita tidak mengetahui cacat yang ada dalam gambar.

5.      Conclusion (kesimpulan)
Kesimpulannya, Saya mengetahui bahwa perjuangan yang dilakukan oleh pahwalan Indonesia benar-benar sangat gigih dan pantang menyerah untuk memerdekakan rakyat Indonesia agar terhindar dari penjajah. Mulai dari lahirnya, sekolahnya, hidupnya, perjuangannya, keadaannya, sangat jelas dan terperinci yang dijelaskan oleh Instrutur maupun yang ada pada monumen tersebut. Jenderal Soedirman memang pahlawan tanah air yang sampai saat ini masih dikenang oleh seluruh rakyat Indonesia, karena beliau sangat antusias, pantang menyerah, dan rela berkoban dalam memerdekakan rakyat Indonesia.
6.      Action Plan (rencan kedepan)
Rencana kedepan Saya dari kegiatan yang telah Saya lalui bersama teman-teman dan dosen Saya. Saya akan mengubah diri Saya menjadi lebih baik lagi dan memiliki sifat yang dimiliki oleh Jenderal Soedirman. Saya dan teman-teman dan juga seluruh generasi bangsa Indonesia tidak akan lupa akan perjuangan beliau dalam memerdekakan bangsa Indonesia yaitu dengan cara menjadi generasi yang baik untuk Indonesia agar Indonesia menjadi negara yang maju dan berkembang, menjadi negara yang makmur akan rakyatnya maupun negaranya.
Dari kegiatan tersebut juga ada dokumentasi yang telah Saya ambil dari kunjungan ke Monumen Jenderal Soedirman Diantaranya yaitu:








































0 comments:

Post a Comment

Electrical Art © 2008 Template by:
SkinCorner